Fungsi SUMIFS di excel

Jika fungsi SUMIF  digunakan untuk menjumlahkan data dengan satu kriteria yang di tentukan,  maka     fungsi SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data dengan dua atau lebih kriteria yang di tentukan pula. 

Pada contoh di bawah akan di bahas penjumlahan dengan dua criteria, simak baik baik ya ?. Bentuk umum penulisan fungsinya adalah SUMIFS(sum_range,criteria_range1,criteria1[criteria_range2,criteria2)

sum_range  adalah daftar gaji yang akan di jumlahkan yaitu E5:E29
criteria_range1 adalah kriteria pertama yaitu C5:C29

criteria1 adalah kriteria pertama dari kriteria pertama. Di umpamakan anak dari kriteria pertama. Disini web design yang di tempatkan di sel  H5 dan merupakan bagian dari salah satu range pertama tsb

criteria_range2  adalah kriteria kedua yaitu D5:D29
criteria2  adalah kriteria kedua dari kriteria kedua. Di umpamakan anak dari kriteria kedua Disini SMP yang di tempatkan di sel H6 yan merupakan bagian dari salah satu range kedua tsb

Contoh penggunaan fungsi SUMIFS di excel 2007
Ketikan rumus pada sel  H8 =SUMIFS(E5:E29,C5:C29,H5,D5:D29,H6) dan tekan enter, maka hasilnya Rp 150.000,- untuk total biaya lomba kategori  web design tingkat SMP.

Bagaimana, mudah bukan ? Baca juga fungsi SUMPRODUCT ya ? Okelah kalau begitu, teruslah belajar dan belajar supaya pintar, semoga membantu :-)

Posting Komentar

0 Komentar